• (0274) 560232, 552977


KEMAH GALANG SATRIA SIAGA 2023

Agung Sulistiyono | 17-04-2023 | dibaca 186 kali

Kemah Galang Satria Siaga merupakan sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh gugus depan SMP Negeri 1 Yogyakarta. Kegiatan Galang Satria Siaga diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8 sekaligus. Tahun ini, merupakan penyelenggaraan untuk pertama kalinya setelah masa pandemi. Tentu kegiatan tersebut sangat dinanti nantikan oleh para siswa, walau harus disibukkan dengan berbagai persiapan yang lumayan ribet. Orang tua juga ikut serta dalam persiapan kebutuhan siswa, apa lagi ini merupakan momen kemah pertama bagi putra putrinya.

Kegiatan kemah Galang Satria Siaga rencananya akan diadakan pada 17-19 Maret 2023 di bumi perkemahan Gondang 2 Indah yang terletak di Dusun Ngepringan Wukirsari Kabupaten Sleman. Lokasi perkemahan ini masih asri dan memiliki udara yang sejuk serta disaat saat tertentu kita disuguhkan akan pesona Merapi yang tampak indah. Sabtu 11 Maret 2023, seminggu sebelum pelaksanaan kemah Galang Satria Siaga, gunung Merapi yang terlihat gagah tiba-tiba meluncurkan awan panas. Tentu hal tersebut menjadi sebuah kecemasan tersendiri bagi sebagian orang tua siswa.

Senin pagi 13 Maret 2023, diadakanlah rapat terbatas antara pimpinan sekolah bersama dengan perwakilan dari orang tua siswa untuk menyikapi perkembangan situasi terkini terkait pelaksanaan kemah. Dari pertemuan tersebut dihasilkan 2 keputusan bersama. Yang pertama, pelaksanaan kemah tetap sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Sedang keputusan kedua yaitu, adanya relokasi tempat perkemahan dari tempat semula dijadwalkan. Walau berdasarkan info dari pengelola bumi perkemahan, bahwa lokasi perkemahan aman dari dampak luncuran awan panas merapi, akan tetapi keputusan reloksi diambil demi antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah rapat terbatas berlangsung, pimpinan sekolah menginstruksikan untuk pencarian lokasi kemah yang baru dipimpin langsung oleh ibu kepala sekolah. Sangat disayangkan, karena waktu yang cukup dekat maka rata-rata bumi perkemahan sudah penuh pemesanan. Menyikapi hal tersebut, pihak sekolah mengambil kebijakan untuk melaksanakan kegiatan perkemahan di lapangan sekolah. Mungkin ini bukan sebuah keputusan yang memuaskan, akan tetapi kita berharap ini adalah sebuah keputusan yang terbaik.

Dengan perubahan tempat kemah, berarti persiapan dari anak-anak Dewan Penggalang juga mengalami perubahan menyesuaikan situasi dan kondisi di sekolah. Pembuatan tapak kemah juga disesuaikan dengan keadaan lapangan sekolah. Pembagian kamar mandi, ruangan evakuasi, tempat lomba, dan tempat kegiatan harus dirancang ulang. Hari pertama pelaksanaan kemah, mendung pekat yang menghiasi langit. Hujan deras disertai dengan angin yang cukup kencang akhirnya tak terelakkan lagi. Peserta kemah yang sudah siap mendirikan tenda, lari berhamburan menuju tempat berteduh. Patut disyukuri perkemahan kali ini dilaksanakan di lapangan sekolah, sehingga ketika hujan turun, para siswa bisa dievakuasi menggunakan ruang kelas yang ada, serta adanya ruang UKS untuk menangani siswa yang sakit.

Walau kemah kali ini penuh dengan keterbatasan, karena situasi dan kondisi, akan tetapi harapannya tujuan dari perkemahan bisa tetap tercapai. Tujuan kemah Galang Satria Siaga adalah pengimplementasian nilai-nilai pembelajaran P5.