• (0274) 560232, 552977


PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Nita Irawati, S.Pd., Gr. | 23-08-2023 | dibaca 424 kali



Yogyakarta
_Tahun Ajaran baru 2023/2024 di SMP Negeri 1 Yogyakarta diawali dengan meriahnya pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan P5 minggu pertama dilaksanakan pada tanggal 21-25 Agustus 2023. Pelaksanaan P5 yang mengangkat tema Kearifan Lokal disambut gembira dan antusias oleh siswa kelas VII dan VIII.
Penyampaian materi tema Kearifan Lokal dikemas dengan strategi yang menyenangkan dan tetap penuh dengan makna dari tema tersebut secara utuh serta menyeluruh. Pada P5 kali ini, siswa difasilitasi untuk dapat memahami tentang kearifan lokal yang ada di Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam P5 kali ini yaitu games yang penuh dengan nilai-nilai karakter dan literasi untuk memahami filosofi budaya yang ada di Yogyakarta (filosofi batik, filosofi tumpeng, dan budaya). Pelaksanaan P5 minggu pertama berujung pada pembuatan produk berupa batik jumputan yang diaplikasikan di berbagai macam media yaitu kaos, taplak, tottebag, jilbab, dan sapu tangan. Karya hasil tangan siswa ini akan dipamerkan pada P5 minggu ke dua September mendatang.
Pelaksanaan P5 Tema Kearifan Lokal minggu pertama dilalui oleh siswa dengan suka cita. Siswa mendapatkan pemahaman dasar tentang berbagai macam kearifan lokal di Yogyakarta. Pada kegiatan P5 ini, siswa diharapkan dapat memahami berbagai macam kearifan lokal di Yogyakarta sehingga mampu melestarikannya hingga masa yang akan datang dan bahkan dapat memperkenalkan budaya Yogyakarta sampai ke mancanegara. (N_I)