• (0274) 560232, 552977


TETAP SEMANGAT DAN PRODUKTIF DI ERA PANDEMI

11-03-2022 | dibaca 938 kali

Salam. Halo Bapak Ibu Guru, para siswa, dan ayah bunda, apa kabar? Semoga semuanya sehat, tetap semangat, optimis, dan gembira dalam aktivitas masing-masing. Marilah kita senantiasa bersyukur kepada Tuhan bahwasannya kita semua masih diperbolehkan menghirup nafas kehidupan, masih diperbolehkan berkumpul dengan orang-orang yang kita sayangi, dan masih boleh melakukan aktivitas kita meskipun dalam situasi dan  kondisi yang berbeda dari biasanya.

Saya mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya atas kerja sama yang baik antara keluarga dengan sekolah selama pandemi covid-19 ini. Bapak ibu guru tetap mengajar melalui pembelajaran online atau semi online, anak-anak tetap belajar dengan baik di rumah, dan orang tua mendampingi anak-anak belajar. Selama di rumah, anak-anak juga bisa belajar dari berbagai sumber, misalnya dari materi yang disajikan bapak ibu guru, dari internet, dari televisi, maupun dari buku teks dan sumber lainnya. Semua mengalami dinamika yang luar biasa sejalan dengan pasang surutnya kasus covid 19 di Yogyakarta maupun Indonesia.

Hal yang sungguh luar biasa adalah peningkatan kompetensi guru dan siswa serta intensitas hubungan yang lebih baik dalam keluarga. Bapak ibu guru terus belajar agar dapat menyajikan pembelajaran online yang menarik dan bermakna. Anak-anak berusaha memahami materi pelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan bapak ibu guru. Orang tua pun lebih banyak membimbing anak-anak di rumah. Harapannya intensitas hubungan orang tua dan anak-anak akan meningkat. Orang tua lebih sayang kepada anak-anak, demikian pula sebaliknya. 

Sebagai orang tua, ayah bunda mau tidak mau juga berpikir kreatif menciptakan kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama dalam keluarga, misalnya membaca, berolah raga, berkebun, memasak, bersih-bersih rumah, mendalami agama, bermain, menonton televisi, maupun kegiatan positif lainnya yang tercipta berkat adanya covid ini.

Bapak ibu serta anak-anak yang hebat, harapan saya, kita semua tetap bersemangat untuk belajar dan bekerja. Dalam kondisi serba terbatas, ide kreatif kita bisa muncul tanpa batas. Meskipun sedikit, kita tetap harus produktif. Cita-cita dan impian anak-anak akan masa depan harus tetap diwujudkan. Pandemi covid janganlah menjadi penghalang.

Kita ingin wabah pandemi covid-19 cepat berlalu. Untuk itu, mari kita lakukan yang terbaik untuk kita, untuk keluarga kita, untuk lingkungan kita, untuk saudara-saudari kita, untuk Yogyakarta dan sekitarnya, dan untuk keutuhan Indonesia. Caranya, tetap patuh pada protokol kesehatan baik di rumah, di sekolah, di tempat kerja, dan di mana pun kita berada. Tetap sehat, semangat, bahagia, dan berpikir positif. Semoga Tuhan melindungi kita semua. (BuNiken)