• (0274) 560232, 552977


SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA BERHASIL MERAIH PERINGKAT 2 SEKOLAH ADIWIYATA TINGKAT DIY

Agung Sulistiyono | 08-11-2022 | dibaca 862 kali

Perjalanan dari predikat Sekolah Adiwiyata Kota menuju ke Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi sungguh tidaklah mudah. Butuh perjuangan ektra yang melibatkan berbagai elemen yang ada di sekolahan, mulai dari kebijakan kepala Sekolah, bapak ibu guru dan karyawan, para siswa, peran orang tua dan komite sekolah serta kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Kondisi pandemi yang sudah mulai melandai, tentu menjadi angin segar buat para siswa untuk bisa kembali beraktivitas di sekolah dengan pembiasaan penerapan perilaku ramah lingkungan hidup (PRLH). Dibutuhkan pembiasaan penerapan perilaku ramah lingkungan hidup secara kontinu kepada para siswa.

Pembelajaran tatap muka dengan penerapan 6 aspek PRLH kepada para siswa dengan dibantu oleh peran kader adiwiyata dalam melaksanakan kegiatan lingkungan menjadi salah satu modal untuk meraih predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi. Kader kebersihan, kader pengelolaan sampah, kader hemat air dan energi, kader inovasi, dan kader publikasi, saling bersinergi dengan berbagai pihak yang ada di sekolah. Penerapan PRLH yang berproses secara terus menerus, akhirnya berhasil mengantarkan SMP Negeri 1 Yogyakarta menjadi sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi. Pada hari Kamis, 13 Oktober 2022, bertempat di SMA N 1 Pengasih Kulon Progo berhasil meraih peringkat 2 sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk kategori SMP/ MTs sederajat dengan raihan nilai 83,15. Penyerahan piala penghargaan dan uang pembinaan dilakukan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan capaian Sekolah Adiwiyata ini, semoga bisa mendukung proses belajar mengajar yang lebih nyaman lagi. Harapannya, SMP Negeri 1 Yogyakarta bisa terus berproses untuk maju menuju Adiwiyata tingkat Nasional.