• (0274) 560232, 552977


PENGAJIAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1443H

Risa Hafida Indradini | 25-10-2021 | dibaca 118 kali

Yogyakarta – Seluruh umat islam dianjurkan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau sering disebut dengan Maulid Nabi. Hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal atau 19 Oktober 2021. Sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut merupakan sejarah penting.

Untuk memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, SMPN 1 Yogyakarta mengadakan pengajian. Pengajian tersebut diadakan secara daring dan luring. Pengajian daring ditujukan untuk siswa yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh, sedangkan pengajian luring ditujukan untuk siswa yang melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Pengajian tersebut dilaksanakan pada pukul 07.30-08.00. pengajian diikuti oleh siswa, guru, dan karyawan yang beragama muslim. Untuk siswa nonmuslim, mengikuti kegiatan ibadah pagi sesuai dengan tempat yang telah ditentukan.

Pada peringatan Maulid Nabi tersebut, pengajian diisi oleh Rohmadi, S.Pd., guru mata pelajaran agama Islam. Beliau menyampaikan bahwa pada era saat ini mengidolakan seseorang itu diperbolehkan. Akan tetapi, mengidolakan Nabi Muhammad SAW merupakan hal yang utama. Hal ini dikarenakan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT, idola dari seluruh umat. Nabi Muhammad SAW telah memberikan pengaruh besar pada kehidupan umat manusia di muka bumi. Umat manusia diharapkan tidak terlena dengan hingar-bingar dunia saat ini. Seluruh umat dianjurkan untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, salah satunya dengan mencintai Rasullullah.

Kegiatan pengajian ini berjalan dengan lancar. Seluruh siswa, guru, dan karyawan dapat mengikuti dengan baik serta dapat mengambil hikmah dari pengajian tersebut.