• (0274) 560232, 552977


SMPN 1 YOGYAKARTA GELAR AGCU (ACADEMIC GENERAL CHECK UP)

Risa Hafida Indradini | 11-11-2021 | dibaca 280 kali

Yogyakarta – AGCU (Academic General Check Up) merupakan program untuk mengukur kemampuan siswa dalam akademik dan karakteristik non akademik. Selain kemampuan mata pelajaran, pada AGCU diberikan tes untuk mengetahui gaya belajar dan kondisi psikologis siswa. Tes ini sangat bermanfaat bagi guru dan siswa. Pasalnya, guru akan memiliki data tentang nilai dan karakteristik siswa sehingga mampu merancang pembelajaran secara efektif dan efisien.

Pada 10-11 November 2021, SMP Negeri 1 Yogyakarta melaksanakan tes AGCU untuk siswa kelas 7. Pelaksanaan ini dibagi menjadi 2 sesi setiap harinya. Tes ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengukur kemampuan siswa kelas 7 pada bidang akademik dan non akademik.

Materi akademik yang diujikan dalam AGCU adalah materi pelajaran yang menjadi materi ujian nasional, yakni bahasa Indonesia, matematika, IPA, dan bahasa Inggris. Untuk materi non akademik meliputi learning style (gaya belajar), adversity quotient (daya juang), emotional quotient (kecerdasan emosi), dan achievement quotient (motivasi berprestasi).

Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan lancar. Seluruh siswa mengikuti tes dengan sungguh-sungguh. Dengan adanya hasil tes AGCU, diharapkan siswa mampu belajar lebih efektif.