• (0274) 560232, 552977


ZAKAT FITRAH : BERBAGI KEBAHAGIAAN

Debi Istiantoro | 26-04-2022 | dibaca 123 kali

            Tidak terasa bulan Ramadan akan segera berlalu. Bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Pada bulan Ramadan juga diwajibkan untuk  membayar zakat fitrah. 

            Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan. Sebagaimana hadist Ibnu Umar ra,

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

            Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu. Kemudian, berzakat merupakan suatu upaya membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat kurang mampu yang serba kekurangan.

            Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap jiwa dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri. Besarannya adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

            SMP Negeri 1 Yogyakarta sendiri memfasilitasi siswa yang akan membayarakan zakat. Pembayaran zakat fitrah di SMP Negeri 1 Yogyakarta di laksanakan oleh anggota Rohis dan didampingi oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Zakat fitrah dikumpulkan di setiap kelas oleh pengurus rohis. 

            Pada bulan Ramadan tahun ini, terkumpul zakat sejumlah 612,5 kg beras. Zakat tersebut dibagikan kepada 245 mustahik. Zakat berupa beras tersebut dibagikan satu persatu oleh anggota rohis yang bertindak sebagai amil sekolah. Alhamdulillah pelaksanaan pembagian zakat fitrah di SMP Negeri 1 Yogyakarta berjalan dengan lancar dan tersalurkan dengan baik kepada yang berhak menerima zakat fitrah. Semoga menambah kebahagiaan untuk para mustahik yang menerima di hari yang fitri nanti. (db)