• (0274) 560232, 552977


LEGA, SENANG, DAN TERHARU

Y. Niken Sasanti | 15-06-2022 | dibaca 164 kali

Hari ini, 15 Juni 2022, kelulusan diumumkan. Puji Tuhan, siswa kami lulus semua, seratus persen. Lega, senang, dan terharu. Tidak mudah menuju hari yang melegakan ini. Proses panjang dilalui oleh siswa maupun guru sampai pada titik ini. Melampaui pendidikan pada masa pandemi yang berkepanjangan sangat tidak mudah, baik bagi siswa maupun guru, bahkan orang tua siswa. Perlu kerja cerdas dan kompak dari semuanya. Puji Tuhan semua kooperatif melampaui masa-masa pandemi yang cukup berat. 

Bagi anak-anak dan guru-guru, tentu banyak hal yang bisa dikenang dari suka duka pembelajaran jarak jauh, pembelajaran model hibrid, adaptasi dengan teknologi informasi, dan sebagainya. Tak terhitung tetes air mata dan tetes keringat ketika berbagai persoalan muncul. Mulai dari kesulitan sarpra, beberapa guru yang masih gagap dengan pembelajaran daring, sampai beberapa orang tua siswa menjadi korban covid 19. Semua itu kini sudah berlalu. Guru-guru makin pintar berteknologi, anak-anak mengikuti pembelajaran sampai berhasil lulus, dan semua itu membuat kami panen kegembiraan hari ini. 

Bekal dari sekolah sudah cukup banyak meski kami berikan dalam berbagai keterbatasan. Tak hanya bekal ilmu, akhlak mulia, peduli lingkungan, peduli sesama, cinta budaya, literasi, nasionalisme, kedisiplinan, dan hal baik lainnya. Apakah terserap secara maksimal, tentu sangat bergantung pada daya serap masing-masing.  Harapan saya, anak-anak yang lulus dari SMPN 1 Yogyakarta sukses dalam perjuangan selanjutnya. Semoga mereka akan selalu mengingat bahwa di almamaternya ada banyak cinta dan kebaikan. (Y. Niken Sasanti)