• (0274) 560232, 552977


HPS DAN PLS

Dra. Y. Niken Sasanti, M.Pd. | 12-07-2022 | dibaca 590 kali

Tanggal 11 Juli 2022 menjadi lembaran baru yang indah bagi para siswa baru kelas 7 SMPN 1 Yogyakarta. Pagi-pagi sekali mereka hadir di sekolah diantar orang tuanya untuk mengikuti kegiatan Hari Pertama Masuk Sekolah (HPS).Kata Pak Satpam pukul 06.00 sudah banyak yang datang, berarti luar biasa antusiame mereka, baik anak maupun orang tuanya. 

Anak-anak baru bergabung dengan kakak kelas 8, dan 9 membentuk barisan untuk apel di lapangan pada pukul 07.00. Setelah apel, anak-anak menuju kelas masing-masing dan berkegiatan dengan wali kelasnya. Orang tuanya menuju GOR mengikuti rangkaian paparan dari KS dan waka-waka tentang persekolahan. Pukul 09.00 orang tua ganti masuk kelas untuk berkenalan dengan wali kelas dan memilih pengurus komite tidak tetap, sedangkan anak-anak kelas 7 masuk GOR mengikuti orientasi tentang persekolahan. 

Kegiatan seperti itu sudah menjadi tradisi kami, memanfaatkan hari pertama dengan menyuntikkan semangat kepada siswa maupun orang tua siswa demi kesuksesan pendidikan siswa di sekolah kami. Lalu, selama 3 hari ke depan siswa kelas 7 mengikuti kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang diisi lebih banyak dengan pendidikan karakter. Pada hari terakhir PLS anak-anak diajak mengunjungi salah satu museum yang ada di dekat sekolah kami. 

Semoga masa orientasi ini membuat anak-anak senang, ortu pun senang, dan akhirnya terjalin kolaborasi yang indah antara ortu dan sekolah.