• (0274) 560232, 552977


PERINGATAN IDUL ADHA 1443H SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Risa Hafida Indradini | 12-07-2022 | dibaca 106 kali

Yogyakarta Hari Raya Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijah. Pada perayaan tersebut dijadikan sebagai momen bagi kaum muslim untuk beribadah haji, wukuf di Arafah, dan penyembelihan hewan kurban. SMP Negeri 1 Yogyakarta melaksanakan latihan kurban yang diikuti seluruh siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada 12 Juli 2022.
Latihan kurban melibatkan beberapa pihak, seperti guru, guru purnatugas, dan orang tua siswa. Berkat kebaikan mereka, alhamdulillah, SMP Negeri 1 Yogyakarta dapat menyembelih 1 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Daging kurban yang diperoleh dibagikan kepada siswa untuk dimasak bersama dan dilombakan. Melalui lomba tersebut siswa dilatih untuk kreatif, peduli, tanggung jawab, dan kerja sama yang baik. Kreativitas siswa dibutuhkan untuk memasak variasi makanan.
Sebagian daging diberikan kepada para shahibul kurban, siswa Keluarga Menuju Sejahtera, warga sekolah, dan masyarakat sekitar. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian sosial. Hal yang menjadi sorotan karena keunikannya adalah pembungkus daging. Sekolah tidak menggunakan plastik untuk membungkus daging, melainkan menggunakan besek yang dialasi daun jati. Hal ini dilakukan sebagai wujud cinta lingkungan. Semoga dengan kegiatan ini semua pihak mendapatkan keberkahan dari ibadah kurban.