• (0274) 560232, 552977


SMP N 1 YOGYAKARTA BERBAGI DAGING KURBAN MENGGUNAKAN BESEK

Nita Irawati | 21-07-2022 | dibaca 121 kali

Dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha, SMP Negeri 1 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan kurban di sekolah. Penyembelihan dan pembagian hewan kurban dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Juli 2022 di halaman SMP Negeri 1 Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan serta kelas 8 dan kelas 9, sedangkan untuk siswa kelas 7 masih mengikuti rangkaian kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS).

Kegiatan penyembelihan hewan kurban di SMP Negeri 1 Yogyakarta sebenarnya rutin dilaksanakan setiap tahun, tetapi karena adanya pandemi COVID-19 menyebabkan kegiatan tidak terlaksana selama 2 tahun terakhir. Akhirnya, kegiatan perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini dapat diselenggarakan kembali dan disambut dengan sukacita oleh seluruh warga sekolah. Sebanyak 1 ekor sapi dan 7 ekor kambing dikurbankan di SMP Negeri 1 tahun ini. Beberapa rangkaian kegiatan juga dilaksanakan untuk memeriahkan Idul Adha tahun ini, kegiatan tersebut meliputi penyembelihan hewan kurban, pembagian daging kurban, dan lomba memasak.

Kegiatan pembagian daging hewan kurban tahun ini istimewa karena menggunakan besek yang dilapisi daun jati. Hal tersebut merupakan salah satu upaya dari SMP Negeri 1 Yogyakarta untuk mengurangi sampah plastik. Sebagai salah satu sekolah adiwiyata, SMP N 1 Yogyakarta selalu melakukan upaya cinta lingkungan dan menerapkannya pada kegiatan akademik maupun non akademik. Dengan upaya tersebut, diharapkan seluruh warga sekolah memiliki perilaku ramah terhadap lingkungan hidup di sekitar sekolah.

Banyak pembelajaran yang dapat diambil dari pelaksanaan kegiatan kurban tahun ini, semua warga sekolah belajar untuk berbagi dan belajar untuk kerja sama dengan tetap menjaga lingkungan sekolah. Selanjutnya, SMP N 1 Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan berkurban di sekolah. Semoga kegiatan Idul Adha tahun ini membawa keberkahan untuk semua pihak-pihak yang terlibat. (N_I)