• (0274) 560232, 552977


PERSIAPAN PRAMUKA PENGGALANG GARUDA

Wardinah, Editor: Risa Hafida Indradini | 25-07-2022 | dibaca 242 kali

Seleksi Pramuka Garuda merupakan kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu sebagian anggota pramuka. Pada tahun 2022 ini, seleksi pramuka garuda jatuh pada bulan Juli. Siswa SMP termasuk dalam golongan penggalang. Maka dari itu, siswa SMP mengikuti seleksi Pencapaian Tanda Kecakapan Pramuka Garuda tahun 2022 bagi Pramuka Penggalang.

Pramuka Garuda bagi siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta merupakan prestise dari seorang Pramuka Penggalang. Mereka akan bangga jika bisa meraih pramuka Penggalang Garuda karena pencapaian tersebut tidaklah mudah. Kriteria untuk mendaftar Pramuka Garuda adalah harus sudah mencapai penggalang terap.

Adapun tahapan pendaftaran seleksi dimulai tanggal 1-22 Juli 2022. Pengecekan administrasi dilaksanakan tanggal 23-25 Juli 2022. Kemudian diumumkan tanggal 29 Juli 2022. Apabila lolos pengecekan administrasi, maka akan lanjut pada Tekpram.

Berbagai persiapan yang dilakukan oleh Penggalang Garuda baik Pencapain SKU maupun Tekpram. Hal ini dikarenakan oleh semua kompetensi akan diujikan, baik secara administrasi maupun kemampuan-kemampuan teknik kepramukaannya. Mereka yang ikut seleksi tidak semuanya lolos, sehingga harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Selain harus sudah mencapai SKU Terap, penggalang juga harus menjadi contoh yang baik di masyarakat, gudep, maupun sekolah. Penggalang juga harus mempunyai Tanda Kecakapan Khusus (TKK), dapat membuat hasta karya, dan dapat menggunakan komputer.

Dengan berbagai persyaratan tersebut dan proses pencapaian keterampilan, maka pramuka penggalang harus mempersiapkan dengan matang agar mampu mencapai Pramuka Penggalang Garuda. Oleh karena Pramuka Penggalang merupakan pencapaian tertinggi di golongan pramuka penggalang, maka pencapaian tersebut menjadi prestisius bagi yang bisa mencapainya.